Inilah 4 Alasan Kenapa Bluetooth di Laptop Kamu Tidak Berfungsi (Error)


Bluetooth di laptop kamu tidak bisa berfungsi atau error?

Mungkin ada alasannya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini yang jadi penyebabnya.

Simak 4 penyebab bluetooth di laptop error.

1. Belum install driver
Tentu, driver sangat dibutuhkan untuk setiap perangkat.

Driver merupakan program yang dibutuhkan sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan sistem operasi dan supaya mudah mengoperasikan perangkat seperti On/off dan pengaturan nya.

Jadi, jika driver belum diinstal maka perangkat, dalam hal ini bluetooth, tidak bisa diaktifkan. Untuk itu   simak
-cara mencari driver yang cocok,
-cara install driver bluetooth




2. Bluetooth adapter Disable

Ketika kamu sudah menekan tombol bluetooth tetapi status bluetooth adapter nya masih Disable maka bluetooth laptop belum bisa berfungsi.

Status disable sendiri ditandai dengan tanda panah ke bawah pada ikon bluetooth di Device Manager . Selain itu, tanda lainnya adalah ikon bluetooth di notifikasi area tidak berwarna biru.

Simak cara mengatasi nya di ....



3. Bluetooth service belum running

Sama halnya seperti adapter bluetooth yang disable, bluetooth service yang belum berjalan juga menyebabkan bluetooth laptop tidak berfungsi.

Bluetooth adapter membutuhkan service bluetooth yang berjalan (running) di background untuk mendeteksi perangkat bluetooth dan transfer file.

Untuk itu jika bluetooth sudah aktif tapi error tidak berfungsi, kamu pastikan dulu service bluetooth running. Begini caranya :.....



4. Bluetooth tidak ada support untuk OS tertentu

Ini pernah saya alami sendiri untuk laptop saya. Bluetooth tidak berfungsi .

Padahal semuanya sudah saya pastikan dipenuhi. Hanya satu yang saya curiga yakni driver yang bukan dari sumber yang terpercaya, lebih dipaksakan.

Yap, driver untuk OS yang saya pakai di laptop tidak tersedia di web support resmi brand laptop saya.

Tidak ada masalah ketika menggunakan os sebelumnya(windows 7), tetapi setelah upgrade bluetooth tidak berfungsi. Meskipun driver sudah diinstall dan memang terpasang (walaupun saya paksakan).

Saya juga memstikan bluetooth adapter sudah enable, bluetooth service sudah running, visibility nya sudah diatur supaya terdeteksi, tapi tetap saja tidak terdeteksi oleh hp bluetooth saya.

Jadi, menurut saya sebelum upgrade os pastikan dulu semua support driver untuk seluruh komponen yang ada pada laptop tersedia.

Kalau pun ingin dipaksakan upgrade, dan hanya bluetooth saja yang tidk ada support, solusinya adalah menggunakan lebih baik menggunakan usb bluetooth eksternal.

0 Response to "Inilah 4 Alasan Kenapa Bluetooth di Laptop Kamu Tidak Berfungsi (Error)"

Posting Komentar