Cara Mencari Driver Bluetooth Yang Cocok 100%


Komponen bluetooth di laptop tidak akan bisa berfungsi jika tidak diinstall drivernya.

Driver sendiri merupakan program untuk menghubungkan suatu komponen dengan sistem operasi sehingga dapat beroperasi.

Jadi, bluetooth baru bisa diaktifkan dan difungsikan jika sudah diinstall driver .

Biasanya, dukungan driver untuk suatu unit laptop memang disediakan vendor laptop di website support resmi atau sudah dalam bentuk DVD driver yang sudah termasuk dalam paket unit laptop yang kita beli.

Masalahnya adalah ketika kita ingin upgrade OS ke OS tertentu sementara tidak ada dukungan software driver untuk OS yang ingin kita gunakan, baik dalam DVD driver maupun di website support vendor laptop.

Jadi, begini ceritanya. Ini memang pengalaman saya saat upgrade OS laptop.

Laptopnya merek Compaq CQ43-414TU, dengan spesifikasi :
Intel Celeron Dual Core,
RAM 2 GB,
HDD 320 GB,
OS Windows 7 Professional 32 bit.

Kemudian saya upgrade OS (Operating System) nya menjadi Windows 8.

Masalahnya timbul karena tidak ada dukungan software driver untuk laptop type tersebut dengan OS Windows 8.

Akibatnya, instalasi laptop saya belum sempurna karena fitur-fiturnya belum dilengkapi program dari drivernya, termasuk bluetooth.

Bagaimana solusinya?

Yang saya lakukan adalah mencari driver yang compatible dengan komponen dalam laptop.

Untuk beberapa komponen saya cari  website support manufaktur komponen. Misalnya untuk chipset dan VGA saya dapatkan di website support Intel.

Khusus untuk driver bluetooth (karena disini memang membahas soal bluetooth), saya tidak menemukan website support dari Qualcomm karena tidak menyediakan dukungan langsung untuk user/pengguna laptop.

By the way , Qualcomm merupakan manufaktur komponen bluetooth di laptop saya (Atheros).

Lalu bagaimana?

Walaupun memang ada website support bukan resmi dari Atheros Qualcomm, tapi tidak cocok saat dicoba install drivernya.

Akhirnya, saya mencari yang compatible meskipun bukan diperuntukkan untuk laptop merek dan type yang saya punya.

Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan driver bluetooth yang cocok dan compatible.

Yap, jawavannya adalah dengan menggunakan Hardware Id dari komponen tersebut.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana caranya mengetahui Hardware Id?

Tenang saja, di sini saya akan jelaskan  lengkap, bagaimana mengetahui Hardware Id dan bagaimana mencari driver yang cocok dengan Hardware Id .

Berikut tutorial cara mencari driver bluetooth yang cocok compatible dengan Hardware Id.

Begini yang saya lakukan:

1. Masuk ke Device Manager
2. Klik kanan device bluetooth dan pilih Properties, lalu pilih detail.
3. Kemudian cari dan copy Hardware Id pada....

Catatan :
Jika device bluetooth tidak muncul di Device Manager , tekan tombol bluetooth.

Dan Bluetooth laptop memang sudah ada program bawaan windows, hanya tidak berfungsi optimal. Jadi, biasanya ada ikon bluetooth di Device Manager .

Jika tidak ada, cari yang Unknown Device di Device Manager baru kemudian akses Properties-nya.

Setelah kamu copy Hardware Id -nya lalu kamu cari driver yang sesuai dengan Hardware Id  tersebut.

4. Buka Google http://www.google.com
5. Paste pada kolom pencarian, klik kanan Paste.
6. Akan muncul hasil pencarian dari berbagai website database driver dan web lain.

Biasanya, akan muncul website database driver dari Driver Identifier, Drp Solution Pack, dll.

7. Kalau saya biasanya masuk ke web Driver Identifier.

8. Pilih dan download pada daftar driver yang muncul di web Driver Identifier.

Biasanya untuk download kamu harus register dulu. Tenang aja gratis kok.

9. Selanjutnya install drivernya.

Jika kurang jelas, kamu juga bisa lihat video tutorialnya di bawah ini.











0 Response to "Cara Mencari Driver Bluetooth Yang Cocok 100%"

Posting Komentar